Thursday, April 26, 2007

Osteoporosis ???

Semalam ada pembicaraan seru mengenai osteoporosis di toilet. Jadi teringat ama ibu tetangga yang mengidap penyakit ini. Konon menurut pengakuaannya, emang dulunya ibu ini ga suka minum susu. Trus waktu kondisinya lagi parah nih, bener lo disentuh aja sakit. Gerakan yang paling minim pun bisa menimbulkan rasa sakit dan patah tulang. Tapi Alhamdulillah, she is going better right now. Beliau itu rajin melakukan terapi dan hebatnya saat ini udah bisa ikut senam jantung sehat 2 kali seminggu. Trus pulang pergi senam, beliau jalan kaki bareng suami (mesra pula...hehehe). Padahal jarak yang ditempuh itu, sekilo juga ada kali.

Tadi aku ke wikipedia, untuk mengenal lebih dekat si osteo ini. Secara dia lebih banyak menyerang kaum wanita gitu kan. Tetapi pada pria pun tetap ada kemungkinan terkena osteo ini.  Definisi dari wikipedia, osteoporosis adalah penyakit yang memiliki sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah disertai micro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat menimbulkan kerapuhan tulang. Penyebabnya belum diketahui dan bisa timbul tanpa disertai gejala-gejala sebelumnya. Tau-tau aja, tulang jadi rapuh ya. Apabila kepadatan tulang sangat berkurang maka tulang akan menjadi kolaps atau hancur dan akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk (mengerikan !!!...).

Nah untuk pencegahannya, disebutkan bahwa kita perlu mengkonsumsi kalsium dalan jumlah yang cukup sangat efektif terutama sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal yang berlangsung di sekitar usia 30 tahun. Rajin meminum 2 gelas susu dan mengkonsumsi vitamin D setiap hari, dapat meningkatkan kepadatan tulang wanita setengah baya yang sebelumnya tidak mendapatkan cukup kalsium.

Usaha pencegahan yang lain adalah OLAHRAGA !!! Melakukan olahraga beban seperti jalan kaki dan menaiki tangga akan meningkatkan kepadatan tulang. Tetapi berenang ternyata tidak meningkatkan kepadatan tulang. Tanya kenapa ?????


3 comments:

  1. *ngelirik vitamin n obat tulang yg ga pernah gw minum* ... :)))

    ReplyDelete
  2. ji, diminum dong...
    sejarah menyatakan bahwa penyesalan selalu datang dari belakang dan perlu sedia payung seblom hujan :)
    namanya juga usaha gitu...

    ReplyDelete