Tuesday, June 5, 2007

Antara Jakarta, Balikpapan, dan Rumbai .....???

Berawal dari Finance Townhall Meeting tanggal 25 Mei lalu, berita mengejutkan menerpa departemen aku. Satu bagian yang jumlah personilnya hampir separuh dari group finance (saat ini jumlah personilnya 100-an oang), akan dipindahkan fungsinya ke Rumbai !!! Jika fungsinya berpindah tempat tentunya itu akan diikuti dengan perpindahan personilnya pula.

Pada dasarnya relokasi, mutasi, dan sejenisnya merupakan hal yang lumrah dan biasa terjadi di perusahaan manapun tetapi tetepppppppp aja pada saat berita seperti itu diluncurkan, segala bentuk tanggapan akan bermunculan. Apalagi jika hal itu tidak menyangkut perpindahan satu atau dua orang tetapi sekian puluh orang. Ada yang bingung, bete n sebel, pasrah, tapi ada juga yang senang karena memang sedang lagi usaha untuk minta pindah ke keluar jakarta (kalo ini mah bener-bener pucuk dicinta ulam tiba deh).

Dan sudah lewat dari seminggu, berita Rumbai masih tetep menjadi top news di finance. Setiap ada pembicaraan sekelompok orang, ujung-ujungnya pasti membicarakan Rumbai. Seorang teman bahkan pernah ngomong seperti ini ke aku, "Ma, aku sampe bingung mau berdo'anya gimana ??? Minta yang terbaik ? Kalo misalnya arahnya ke Rumbai, masa iya aku bisa ke Rumbai ? Wong suamiku gimana ???" Aku diem aja, ga ngerti sebaiknya menjawab seperti apa.

Jujur aja, aku pun belom ada gambaran akan mengambil keputusan seperti apa jika pada akhirnya keputusan untuk fungsi bagian aku pun akan dipindahkan keluar dari Jakarta. Saat ini sih hanya merasa, sepertinya akan sangat berat untuk setuju dipindahkan ke Rumbai ataupun Balikpapan nantinya. Karena satu hal yang aku tahu pasti, begitu kaki sudah melangkah masuk ke wilayah kerja bagian tersebut, tidak ada kemungkinan lagi untuk bisa kembali ke Jakarta walaupun ada - itu adalah kemungkinan yang amat teramat sangat kecil. Satu-satunya jalan jika ingin kembali ke Jakarta adalah jika angkat kaki atau diterima kerja di perusahaan lain.

Satu-satunya yang dapat dilakukan saat ini hanya bekerja saja dulu seperti biasa dan tetep berdo'a. Satu hal yang aku yakin seyakin-yakinnya, Allah SWT punya banyak jalan rejeki bagi segenap hamba-Nya yang tetep ikhlas bekerja dengan baik. Dan rejeki itu bisa datang dari mana saja bukan cuman dari ........ tempat aku sekarang ini bekerja. Insya Allah pastilah yang terbaik buat kami semua. Amin.

23 comments:

  1. tahun 1997 saya putuskan pindah ke Nabire (Papua), terus dimutasi ke Jayapura (1999), tahun 2000 diajak teman pindah ke Bogor, belum setahun sudah ngabur ke AS dan pulangnya malah ke Balikpapan s/d dipanggil Uncle Blair ke Inggris 2004-2005. Sekarang kok saya malah balik ke kota kelahiran saya tuh, di Jakarta :D

    *sila disimak sendiri apa pesan moralnya*

    ReplyDelete
  2. waaah, pasti deg2an ya!
    aku ikut doain dari jauh deh, mudah2an bener2 yg terbaik dari allah.. amin!

    ReplyDelete
  3. Mbak, diBalikpapan enak juga kok, bersih, gak macet (dibandingkan dgn Jakarta lho... ) hanya, perlu sedia lilin banyak-banyak dan tandon air yang guede....

    ReplyDelete
  4. iya enak kok di balikpapan, lu bisa hidup tenang hanya kurang tantangan ajah .. dan jadi agak agak pemalas karena serba mudah dibandingkan di Jakarta yang lu tau sendiri kek apa.

    balik lagi masalah lu nantinya kalo dipindah ke rumbai atau balikapapn bisa balik atau gak .. ya lu pasrahin n dinikmati aja dunk...biar enak hidupnya, nyatanya gw bisa pindah ke jakarta setelah 8 thn disana, tanpa gw kegatelan minta pindah ke boss hehehe...

    ReplyDelete
  5. Aku juga ngerasain kok mba...malah dari January kemaren...sampe sekarang status jg blom jelas..pennya balik ke Bpn..sampe skrg masih ngedon di Jakarta..mlh ktnya bkl ikutan ke Rumbai...aarrgghhh...terserah deehh..tp lama2..dipasrahin aja..minta yang terbaik *asal ga disuruh ke nigeria aja...* ^-^

    ReplyDelete
  6. mas ciput, pesen moralnya adalah jalan hidup tidak ada yang tauuuuu..... benar tidakkkk ?????

    ReplyDelete
  7. ida, thxxx.... hehehe masih malu inget order risolnya :):):)

    ReplyDelete
  8. hi, lam kenal ya.... aku udah pernah ke balikpapan dan emang sih kudu siapin lilin byk2. Malam pertama di grand senyiur udah dijamu ama mati lampu :) anyway, aku kebayanglah kondisi kota spt bpn secara aku lahir & besarnya juga bukan di jkt kok.

    ReplyDelete
  9. Iya ji, ini cuman satu proses hidup yang perlu dinikmati kok. Secara gw denger berita ini juga pas lagi enak2nya cuti. Yah kita liat saja nanti, endingnya akan seperti apa :)

    ReplyDelete
  10. jad sampe desember nani, statusmu pasti masih di jakarta dong na ??? gimana mo ikut dateng ke Ultah MP nanti ? gw juga blom daftar :)

    ReplyDelete
  11. ya itu tantangannya mba puj, kurang listrik ama kurang aer! jakarta palingan macet dowank..

    ReplyDelete
  12. ..pasrah aja mbak sama jalan hidup..
    hmm... kalo dipindahin ke luar kota gitu bukannya suka ada semacam ' biaya/nilai transfer'-nya ?

    ReplyDelete
  13. beli genset ama beli tandon .. cari rumah yg aman ..alias ga mungkin lama matinya .. kek daerah V&W n Prapataan

    ReplyDelete
  14. tinggal di jakarta kadang buat orang jadi manja ya....ya ngga semuanya sih, tapi karena semua fasilitasnya ada lengkap...pertamanya pasti berat....jadi ngga jadi, sukses ya mba... :)

    ReplyDelete
  15. sebenernya pasrah begitu aja juga jangan kali ya nuri... hidup ini cuman sekali, jadi harus dinikmati secara maksimal di jalan yang benar tentunya. nah masalahnya hidup ini dipertemukan dgn banyak pilihan yang kadang2 bikin binun. takut salah trus nyesel deh :) btw, biaya transfer ada tapi biaya transfer paling gede itu malahan kalo pindahnya dari daerah (rumbai) ke jakarta. kurang lebih nilainya bisa buat beli rumah lah di jkt.

    ReplyDelete
  16. rizkika, trims ya... Insya Allah yang terbaik buat aku ama temen2ku disini. Amin.

    ReplyDelete
  17. waooouwww... kalo gitu pindah aja Ir... 5 taon di sono, minta mutasi balik, dapet deh tuh rumah :D

    ReplyDelete
  18. Mas ciput, ngga semudah itu lagi.... sekali kaki melangkahkan kaki pindah ke rumbai, kemungkinan balik ke jkt itu possibilitynya cuman 0.00000001%. Salah satu alasannya karena biaya transfer yang gede itu. Jadi kalo kesana yah, kemungkinannya stay till the end of your life heheh... kecuali resign pindah kerja ket4 lain. Minta mutasi balik ke jkt itu rada2 mission impossible mas...

    ReplyDelete
  19. Mbak, di Balikpapan enak kok .............................., tenang, ngga kisruh, ribet, rush etc2, cuma kalo ngontrak cari yang punya tandon aer gede, kalo anak2 sudah sekolah beli genset kecil juga , jaga2 kalo mati lampu en lagi ujian. Perlu juga punya motor buat keperluan kecil2 karena banyak banget bukitnya, lebih lincah dari naik mobil.

    ReplyDelete
  20. kalo milih mah, saya di jakarta aja dulu :-)

    ReplyDelete
  21. salam kenal dari kami segenap pengurus keluarga pelajar mahasiswa balikpapan (KPMB) cabang yogyakarta. dapatkan info2 kegiatan terbaru kami dari fs ini.
    Kegiatan kami :
    - makrab anak balikpapan,
    - kursus bahasa inggris gratis
    - pendaftaran beasiswa pemprov kolektif,
    - buka bersama bareng
    - baksos, dll
    Mohon informasikan FS ini ke semua orang balikpapan yg anda kenal yach...
    add kami di
    kpmb_jogjakarta@yahoo.com

    jelajahi blog kami dan beri komentar didalamnya :
    http://kpmbyogya.wordpress.com....

    ReplyDelete
  22. hi sis :) mampir yuk ke hod jewelry, banyak aksesoris cantik handmade bahan impor & harga promo!

    ReplyDelete