Saturday, January 14, 2012

bolu gulung kuno...


Description:
suatu hari pada jaman dahulu kala di saat saya masih culun (hehe), saya mencoba bikin bolu gulung...
dan hasilnya sukses retak, patah, dan gagal total hik hik hiksss
sejak saat itu, saya tidak perna lagi mau mengumpulkan keberanian dan keinginan untuk membuat bolu yang satu ini walopun suka bangettt ini mah...

bahkan setelah saya ikutan kursus cake dasar di NCC pun, belum tergerak untuk mau buat si bol gul.... kayaknya trauma marisa banget :-(

hingga pekan lalu, seorang kenalan baru memajang (baca : pamer) hasil bolu gulung buatannya di fb... *_^
entah kenapa saat itu, langsung jadi semangat dan bertekad untuk bisa buat bolu gulung juga
hhhmmmm... inspirasi dan motivasi memang kadang tak terduga datangnya dari mana dan dari siapa ya

dan saat hari minggu tiba pun langsung aku buat
aku bikin bolu gulung kuno resep NCC karena rmemang ini yang paling aku suka & sepertinya lentur..... yahhh pikir-pikir kalo gagal di gulung, bolunya pun akan tetepppp enak

setelah bolu matang & diolesi selai stroberi
dengan mengucapkan Bismllah, coba dengan pelan untuk mulai menekuk si bolu
merasa semuanya baik-baik saja, lalu dilanjutkan dengannnnnnnnn menggulung si bolu dengan cepat lalu mengencangkannya
Alhamdulillah.... yipieeee berhasil :-)

this is it....bolu gulung aku yang pertama :-)
buat orang lain pasti ini hal biasa saja & tidak ada istimewanya sama sekali
namun buat aku sensasinya luar biasa dan sekaligus membuat aku senang luar biasa...hehehe


Ingredients:
12 btr kuning telur
100 gr gula pasir
125 gr mentega, kocok lembut
50 gr tepung terigu protein sedang
selai stroberi secukupnya

Directions:
1. Kocok telur dan gula pasir hingga kental, masukkan mentega kocok aduk rata, masukkan tepung terigu aduk hingga rata benar.
2. Tuang adonan kedalam loyang ukuran 22x22x4cm yang telah dipoles mentega dan dialasi kertas roti. Panggang dalam oven suhu 225’C selama 25 menit atau hingga matang dan permukaannya kering.
3. Angkat, balik diatas kertas roti. Poles dengan selai stroberi, gulung segera dan kencangkan.


12 comments:

  1. enaaaaak mb....keliatan dari fotonya...mau dong, kirimin kerumahku...:D

    ReplyDelete
  2. iyaaa enakkkk..... lumayanlah ya buat seorang pemula seperti aku hehehe
    ini bikinnya hari minggu lalu, hind :-)

    ReplyDelete
  3. Tepuk tangan buat mba Irma.
    Selamat ya!
    Memang kalo gagal kagak boleh putus asa.
    Coba lagi, coba lagi. Sampe berhasil.

    ReplyDelete
  4. Senin bawa yaaaa buat sarapan... Hihihihihi

    ReplyDelete
  5. aduuuuuh, keren banget!
    hihi, soalnya aku (baru) nyoba dua kali bikin bolgul dan selalu retak.
    maka kapok gitu, deh ...

    tapiiiiii, setelah liat postingan ini, kayaknya jadi tertarik pengen bikin, deh.
    bentar, bentar. aku cariin foto bolu gulung wannabe-ku yang retak itu, yaa ... :p

    ReplyDelete
  6. halagh, dicari-cari kok enggak ketemu.
    apa mungkin waktu itu file-nya udah aku pindah ke CD apa, ya?
    ya sud, maap ...

    ReplyDelete
  7. makasih eyang amir.. :-)

    memang kagak bole putus asa kalo gagal cuman mengumpulkan serpihan serpihan keberanian & semangat ituh utk bikin lagi yg kadang ilang entah kemana hehehe....

    ReplyDelete
  8. iya mba... emang mesti tetep semangeddd !!!!
    makasih mba yusy...

    ReplyDelete
  9. oalahhhh ... ini hari minggu lalu
    senin-nya sih dibawa, lumayanlah laris manisss buat sarapan teman2 :-)

    ReplyDelete
  10. vinaaaaa, bikinnnn......trus posting :-)

    ReplyDelete
  11. nice article, very helpfull & usefull. Wah jadi pingin nyoba nich, resep bolu gulung kuno nya yg maknyuss. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....

    ReplyDelete