Friday, January 20, 2012

udah perlu ke dokter kah ?....

Udah kira-kira 2-3 tahun belakangan ini kalo lagi menstruasi pas hari pertama atau jelang sehari sebelumnya, aku mengalami sakit kepala sangattt dan saking sakitnya yah jelas jadi mual dan kemudian muntah-muntah hebat...

bulan ini yah kejadian lagi kemarin pas hari jum'at pas di kantor pula...
berangkat ke kantor sudah deg-degan dalam hati, bakalan ada serangan sakit kepala lagi kah seperti bulan-bulan lalu ?
.....mungkin karena faktor U kali ya
jadi ketahanan fisik dan mental udah tidak sekuat dulu hehehehe

sampe kantor jam 7 kurang 5, Alhamdulillah kondisi masih aman terkendali..
pas mendekati jam 8 mulai deh ada rasa ngga enak menyerang kepala sebelah kanan
ngga lama yaaa, sakit kepala dahsyat itu pun menyerang dan benar saja aku lalu muntah-muntah hebat beberapa kali..
maksain minum air hangat dua gelas,  terus muntah lagi..

jujur, aku bukan peminum obat yg baik alias pemalassss kalo berurusan dgn obat
walopun itu hanya berupa panadol, bodrex atau obat ringan apa pun
tapi kemarin ngga enak ama orang-orang di kantor dan ngga mungkin pulang juga karena masih banyak kerjaan akhirnya jam 11-an siang aku minum panadol satu butir yg ditawarin teman...
(masih bisa loh saya mikirin kerjaan dalam kondisi lemah lunglai kayak gitu ... )
biasanya kayak bulan-bulan sebelumnya, aku bertahan tanpa minum obat sama sekali...

kata icut (salah seorang teman), ngapain sih elo tahanin ngga minum obat dan menantikan sembuh secara alamiah sakit kepalanya ? ...

abis minum panadol, aku masih sempat ke rest room sekali untuk proses "mengeluarkan" karena masih merasa amat sangat mual karena masih sakit kepalanya.....
akhirnya jam makan siang datang, aku duduk aja di kursi sambil mejamin mata
kira-kira 10-15 menit kemudian sakit kepala mulai menurun walopun tidak sepenuhnya...
seperti bulan-bulan sebelumnya, sakit kepala ini memang terjadi kira-kira selama 5-6 jam

apakah ini masih gejala normal ya untuk kondisi-kondisi menstruasi ?
soalnya kalo orang lain pada umumnya sakit banget di bagian pinggang & pinggul, Alhamdulillah aku di bagian situ ngga ada masalah
cuman sedikit kram aja yang masih oke-okelah ...

apakah kondisi sakit kepala seperti ini, udah perlu aku periksain ke dokter gitu ?
jujur aja karena aku pemalas makan obat, aku jelas juga malesss banget pergi ke dokter nih

apakah perlu diantisipasi aja dengan minum obat sakit kepala sebelum serangan itu datang ?

*****buat bapak dokter, ibu dokter yang sempat baca ini, plisss banget infonya kira-kira obat sakit kepala yang "sehat" alias menurut anda oke untuk kondisi seperti ini dan tidak menimbulkan jejak-jejak di tubuh (maksud aku tidak menimbulkan sisa-sisa di ginjal) kira-kira apa ya ???****
soalnya kan bakalan perlu minum obat sakit kepala tersebut setiap bulan ...
***ini pikiran parno & lebay ama obat***

.... hari ini sabtu pagi, masih ada sedikit sakit kepala yang tinggal nih hik hik hikssss
kemarin pas sedang muntah-muntah, ada sedikit suara hati yang berbisik "ya Allah, hamba sabar dengan cobaan ini tapi kalo tiap bulan gini bakalan gni terus kayaknya saya di mati-in sesaat aja deh ... rasanya ngga kuat ama rasa sakit kepala dan mualnya... hik hik hikssss 
*jangan ditiru suara hati ini. ...bukan hal baik

o iya, sempat kepikiran juga ....apakah gejala-gejala sakit kepala selama 3 tahun ini sudah merupakan gejala menopause dini ???.....


gambar bunga tulip dari sini ya...

15 comments:

  1. Perlu.

    kalau ada keluhan di badan, ya mesti ke dokter atu, euy!
    Lha, kalau kita punya mobil, atau motor, mendadak ngadat, ya pasti kita pergi ke bengkel toh?

    ReplyDelete
  2. periksa aja mee.... Cewek mah banyak pritilannya .. Mudah mudahan ga papa ...


    ReplyDelete
  3. periksa aja ke DSOG, ada hubungan apa antara sakit kepala dengan menstruasi
    soalnya sakit menstruasi harusnya tidak separah itu

    ReplyDelete
  4. iya sih.... secara logika emang benar begitu

    ReplyDelete
  5. iya ya shant ???...
    duh jadi deg-degan yaaa ..hik hik hiksss

    ReplyDelete
  6. tuh...kata eyang dokter aja enggak normal, ayo diperiksain aja
    biar gak tersiksa selama menstruasi ....semoga gak ada penyakit serius yaaa...

    ReplyDelete
  7. gejala yang terpikirkan pertama kali adalah migraine

    yang jelas masih masuk masuk kategori pre menstrual sydrome (pms)

    boleh nanti dicek ke Sp.OG, bisa juga ke Sp. Saraf.

    sementara bisa konsumsi Ergometrin dan Ondansetron ketika gejala akan muncul

    ReplyDelete
  8. Kalau buat mobil atau motor, kita gak eman-eman ama duit, tapi kenapa jadi suka 'pelit' ama badan ya? ;D)

    ReplyDelete
  9. padahal aku berharap eyang dokter akan bilang, 'tenang aja, ini masih gejala alamiah biasa"

    ReplyDelete
  10. sekitaran thn 2009, saat awal-awal saya mengalami kondisi seperti ini
    waktu itu pas juga ada di kantor
    karena sakit kepala-nya terlalu hebat & saya juga muntah-muntah akhirnya saya ke klinik kantor saat itu
    waktu itu sekitaran jam 9 pagi
    oleh mba nurul petugas medis kantor waktu itu saya kemudian dibaringkan kemudian dia mengukur tensi dan sebagainya ...
    tiba-tiba saja, saya dengar (saya dalam kondisi memejamkan mata krn terlalu lemes saat itu) dia telpon dokter kantor dan berkata bhw skrg ada pasien di klinik dan mba nurul mutusin untuk bawa ke UGD RSPP karena ternyata denyut nadi saya waktu itu semakin lemah, dibawah batas normal

    dalam perjalanan ke RSPP, saya masih terus muntah
    akhirnya masuk UGD dan diinfus

    oleh dokter jaga saat itu, saya memang diagnosa migraine
    dan dikasi surat pengantar untuk ke Sp.Saraf untuk periksa lebih lanjut
    (hingga hari ini, saya belum pernah memfollow up surat tersebut dan surat pengantar itu udah entah dimana sekarang)
    saat itu saya disuruh rawat inap tetapi sekitar jam 2.30 siang saya merasa saya udah baikan
    dan minta pulang aja...

    saya mau tanya, Ergometrin dan Ondansetron itu apakah untuk sakit kepala/migrain ?
    terimakash...

    ReplyDelete
  11. hehehehe... bukannya pelit ama badan

    tapi kalo memang masih bisa sembuh ama minyak tawon dan obat ringan dan juga tidur sejenak (hahaha...) duh ngga usah ke dokter deh :-(

    ReplyDelete
  12. Eh, bukan ergometrin tapi ergotamin. Ga konsen nih tadi, hehe...

    Iya, ergotamin atau biasanya dalam bentuk senyawa kafein atau maleat salah satu obat migrain. Ondansetron untuk anti muntah.

    ReplyDelete
  13. Ergometrin itu untuk obat perdarahan pasca melahirkan anak... Maaf.

    Klo ga mempan dengan obat di atas sebaiknya tetap ke ahli saraf. Kemungkinan akan dicari penyebabnya, mungkin juga akan dilakukan EEG untuk melihat gelombang otak.

    ReplyDelete